Jumat, 07 Oktober 2022

Proses Sistem Informasi pada E-Commerce

 




  • Komponen Sistem Informasi E-Commerce
E-commerce merupakan salah satu contoh dari penerapan dari Sistem Informasi. Tentunya dalam hal ini E-commerce membutuhkan komponen untuk menyusun sistemnya. Berikut merupakan komponen dari E-commerce:
  1. Customer

    Costumer merupakan para pengguna Internet yang dapat dijadikan sebagai target pasar yang potensial untuk diberikan penawaran berupa produk, jasa, atau informasi oleh para penjual. 
  2. Penjual

    Penjual merupakan pihak yang menawarkan produk, jasa, atau informasi kepada para customer baik individu maupun organisasi. Proses penjualan dapat dilakukan secara langsung melalui website yang dimiliki oleh penjual tersebut atau melalui marketplace.

  3. Produk

    Salah satu perbedaan antara e-commerce dengan traditional commerce terletak pada produk yang dijual. Pada dunia maya, penjual dapat menjual produk digital. Produk digital yang dapat dikirimkan secara langsung melalui Internet.

  4. Fasilitas

    Fasilitas  pasar yang menggunakan media elektronik meliputi perangkat keras, perangkat lunak, dan juga sistem jaringannya.

  5. Front end

    Front end merupakan aplikasi web yang dapat berinteraksi dengan pengguna secara langsung. Beberapa proses bisnis pada front end ini antara lain: portal penjual, katalog elektronik, shopping cart, mesin pencari dan payment gateway.

  6. Back end

    Back end merupakan apIikasi yang secara tidak langsung mendukung aplikasi front end. Semua aktivitas yang berkaitan dengan pemesanan barang, manajemen inventori, proses pembayaran, packaging, dan pengiriman barang termasuk dalam bisnis proses back end.

  7. Intermediary (perantara)

    Intermediary merupakan pihak ketiga yang menjadi perantara antara produsen dengan konsumen. Online intermediary membantu mempertemukan pembeli dan penjual, menyediakan fasilitas.

  8. Partner bisnis lain

    Partner bisnis merupakan pihak selain intermediari yang melakukan kerjasama dengan produsen untuk mencapai sebuah tujuan bisnis.

  9. Support services

    Ada banyak support services yang saat ini beredar di dunia maya muIai dari sertifikasi dan trust service, yan menjamin keamanan sampai pada knowledge provider.

  • Lingkungan Luar 
Lingkungan luar dari E-commerce mempengaruhi operasi sistem dan bersifat menguntungkan atau merugikan. 

  • Batasan atau Boundary 
Batasan ini merupakan pembatas dari sebuah sistem informasi dengan sistem informasi lainnya, yang membuat sistem informasi tersebut menjadi satu buah kesatuan sistem informasi yang utuh, dan menunjukkan ruang lingkup yang dimilki oleh sistem informasi tersebut. dengan adanya boundary ini, seuah sistem informasi tidak akan bekerja saling tumpang tindih satu sama lainnya, dan dapat berfungsi sesuai dengan tugas dan juga perannya amsing-masing.

  • Interface

Interface pada E-commerce di desain secara User Friendly agar memudahkan para pengguna dalam melakukan transaksi.

  • Memiliki Output atau Keluaran dari Sebuah Sistem

Output atau keluaran merupakan karakteristik dari sistem informasi yang berikutnya. Output merupakan keluaran energy atau hasil yang diteruskan oleh input. Hasil atau output ini bisa berupa tampilnya data dan juga informasi yang muncul pada display user, yang berisi informasi. Dengan adanya output ini , maka setiap user yang menggunakan sistem informasi dapat mengakses dan juga memanfaatkan layanan informasi yang ditujukkan kepada dirinya, sehingga membuat sistem informasi dapat bekerja dengan optimal dan bermanfaat.

  • Memiliki Pengolah dan Pemrosesan Sistem

Karakteristik berikutnya yang harus dimilki oleh sistem informasi adalah sebuah pengolah data atau pemrosesan sistem. Pengolah data atau pemrosesan sistem ini merupakan komponen atau bagian di dalam sebuah sistem informasi yang memilki tugas utama untuk memproses input dari sebuah sistem informasi menadi keluaran atau output dari sebuah sistem informasi. Processing system ini membantu proses pengolahan data secara keseluruhan yang ada did alam sebuah sistem informasi, lalu mentransmisikan hasil dari pengolahan data tersebut menuju output yang dikeluarkan oleh sistem dan dapat diakses oleh user.

  • Memiliki Sasaran dari Sistem

Karakteristik terakhir merupakan karakteristik yang mungkin paling penting dari sebuah sistem informasi. Karakteristik tersebut adalah sasaran dari sistem. Ya, sasaran dari sistem merupakan analisis berupa siapa saja yang akan menggunakan sistem informasi ini. Tanpa adanya sasaran dari pembuatan sistem, maka sudah pasti sebuah sistem informasi tidak akan bisa bermanfaat dan juga berguna. Tentu saja pada E-commerce target yang dituju ialah semua golongan yang ingin melakukan transaksi jual-beli.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Proses Sistem Informasi pada E-Commerce

  Komponen Sistem Informasi E-Commerce E-commerce merupakan salah satu contoh dari penerapan dari Sistem Informasi. Tentunya dalam hal ini E...